Nasi Kebuli Kambing Pakai Rice Cooker

Setiap kali ada stock daging kambing di dalam kulkas, aku selalu teringat untuk membuat nasi kebuli, seperti pada waktu ‘idul adha tempo lalu, daging kambing yang menjadi bagian keluargaku, aku masak semuanya dalam dua resep berbeda yaitu; nasi kebuli dan tongseng, akan tetapi kali ini aku akan berbagi resep nasi kebuli aja.

Sebenarnya bikin nasi kebuli itu gampang banget, soalnya aku masaknya menggunakan rice cooker, memang aslinya harus dibikin nasi aron dulu, kemudian dikukus, tapi kalau punya dua balita laki-laki  yang lagi aktif-aktifnya begini, pengennya masak yang super cepat, soal rasa, zauji sih bilangnya mantappp…! apalagi kalau ditambah acar nanas, hmm…segerr…! Makanya tak heran kalau aku bikin nasi kebuli, ia bisa berkali-kali nambah, lahap banget, ”wah..bisa-bisa aku jadi gemuk nih kalau dimasakin nasi kebuli kayak gini…!” candanya…

Bahan yang harus di siapkan

3 liter Beras

Daging kambing 1 0ns (di buat kaldu) dan daging kambing bertulang (digoreng) caranya: rebus hingga empuk daging kambing bertulang dengan bawang putih yang telah dihaluskan, garam, kaldu blok dan jahe. Kemudian goreng

NB: Jahe berguna untuk menghilangkan bau prengus pada kambing

Siapkan rempah-rempah berikut ini kemudian blender

Bumbu inti terdiri dari:

3 sdm ketumbar

1 sdm Jinten

1 sdt merica biji

12 buah Kapulaga atau sesuai selera

½ Biji pala

8 buah Cengkeh

1 cm Kayu manis

Bumbu lainnya

6 siung bawang putih cincang

1 ruas jahe haluskan

1 buah bawang Bombay,iris tipis kecil-kecil

Mentega untuk menumis

Garam secukupnya, boleh di tambah kaldu blok

Saus tomat botolan, secukupnya

Cara memasak

  • Beras di rendam selama ½ jam kemudian tiriskan
  • Tumis bawang Bombay, bawang putih dan jahe yang telah di haluskan sampai harum, lalu dicampur dengan bumbu inti.
  • Daging kambing (1 ons) di potong-potong lalu di rebus sampai empuk, kemudian dicampurkan dengan tumisan bumbu.
  • Siapkan beras yang sebelumnya sudah direndam, masukkan ke dalam rice cooker tuangkan air mendidih sesuai kebutuhan untuk menanak nasi sebanyak 3 liter beras
  • Masukkan Campuran bumbu dan daging kambing yang sudah di tumis tadi  ke dalam rice cooker aduk rata, kemudian tutup dan tanak hingga matang
  • Setelah matang buka tutup rice cooker aduk nasi sebentar agar bumbunya tercampur rata, tutup kembali dan tunggu kira-kira 10 menit hingga nasi menjadi tidak berair
  • Nasi kebuli siap untuk dinikmati. Sajikan nasi bersama acar (campuran wortel,mentimun, nanas, cabe rawit, irisan bawang merah) dan kambing goreng, jangan lupa kerupuk emping dan taburkan bawang goreng di atasnya. Hmmm… Ladziz….

**********

Artikel: http://asya84.wordpress.com/

About these ads

Posted on 29 Januari 2011, in Resep Pilihan Keluarga and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. Wah… boleh dong kapan-kapan kirim ke rumah. Atw… ana mah ingin pesen bumbunya saja yang sdh anti racik, boleh? tapi jangan pedes-pedes (mericanya dikurangi) spy anak-anak disini juga makannya makin lahap…. jazakillah

    • iya insya Allah.. sebenernya ana pengen banget ngebagi semua ummahat yang ada di komplek ma’had ini. tp ana br mampu ngebagi tetangga-tetangga terdekat aja (sunnahnya kan tetangga dekat mesti didahuluin), afwan ya..di coba atuh um racik sendiri, gampang kok.. tinggal diblender, trus rempah-rempahnya jg mudah didapat, buatan sendiri lbh berkesan lho…wa anti fajazaakillah

  2. Assalamu’alaikum. kaifa haluki? wah masih suka bikin kebuli nih…Masya Allah Ajiib
    jadi inget waktu di sukabumi, kita para ummahat makan bareng-bareng setelah ‘iedul Adha. Salam buat ummahat disana ya….

    • Wa’alaikumussalam warahmatullah..Alhamdulillah ana bikhayr..iya ni ukhty.. zaujiy & anak2 pada doyan.
      kebuli bikinan anti jg mantap.. Ngomong2 di Surabaya suka bikin kebuli jg, ga nih..? wah pst di situ rame jg ya, suka ngumpul2 jg breng ummaht kan?
      iya ukh kpn lg ya kita bisa mkn bareng & saling berbagi cerita. smoga Allah mempersuakan kita kembali di bwh naungan cintaNya.

  3. Assalamu’alaikum…
    wah, boleh juga ummi resepnya..
    bisa sambil belajar masak..
    syukran ummi… :)

  4. numpang nebeng ya, kalo ada alat rumah tangga rusak cari tahu penyebabnya di http://pintarbengkel.blogspot.com/ mksh

  5. kalau gitu kapan santan dimasukinnya? didlm resep ada santannya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: